Timnas Indonesia Pertahankan Perak SEA Games

IMG_20170826_215636_462

Tim nasional bola basket Indonesia sukses mempertahankan prestasinya dua tahun lalu dengan membawa pulang medali perak di ajang SEA Games Kuala Lumpur 2017. Di final, Ronaldo Sitepu dkk. harus mengakui keunggulan tim Filipina dengan skor akhir 94-55.

Di final, permainan tim Indonesia memang dinilai kurang maksimal. Terlebih jika melihat permainan tim saat melawan Thailand di semifinal, timnas dinilai bisa memberikan perlawanan lebih sengit. Meski begitu kapten Ronaldo Sitepu mengatakan ia dan rekan-rekannya mensyukuri hasil SEA Games kali ini. Apalagi jika menilik pada komposisi tim yang setengahnya diisi oleh pemain rookie.

“Memang harus diakui Filipina lebih unggul. Tapi saya pribadi dan para pemain senior di timnas melihat hasil ini cukup membanggakan. Salut dengan perjuangan teman-teman disini, apalagi untuk yang baru pertama kali memperkuat timnas, mereka bisa sampai sejauh ini memberikan kontribusi sangat baik untuk tim” ungkap pemain yang sudah dua kali meraih medali perak SEA Games ini.

Dari tim Satria Muda Pertamina sendiri, Kevin Yonas Sitorus dan Hardianus memang baru pertama kali memperkuat tim nasional di level internasional. Kevin pun sempat mengungkapkan rasa kecewanya lantaran ia memasang target pribadi untuk bisa mengukir sejarah baru untuk Indonesia.

“Ada keinginan untuk mengalahkan Filipina dan bawa pulang emas, bikin sejarah baru. Tapi harus diakui mereka lebih baik. Saya pribadi ada rasa bangga juga, ini pertama kali main di timnas dan bisa meraih medali perak, semoga nanti bisa lebih baik,” ungkap pemain asal Kuala Kapuas ini.

Kevin juga mengaku sempat merasa grogi sebelum tampil di pertandingan final. Tapi beruntung rasa grogi itu berkurang setelah mendengar motivasi dari sang kapten.

Setelah SEA Games, tim nasional menjadwalkan ada seleksi pelatnas menyambut Asian Games 2018 pada bulan November mendatang. Kevin dan Dodo pun menyatakan kesiapannya jika kembali dipercaya memperkuat timnas Indonesia.

Sementara dalam waktu dekat, Dodo Kevin, Arki Wisnu dan Hardianus akan segera kembali bergabung dengan latihan tim Satria Muda Pertamina untuk mempersiapkan kompetisi pra musim dan IBL musim 2018 mendatang.