Semarak ASEAN Parade 50: Populerkan Basket dan Merawat Keragaman Budaya

IMG_20170827_115235_603

Tim Satria Muda Pertamina hadir dalam acara ASEAN Parade 50 yang digagas oleh Kementrian Luar Negeri hari Minggu (27/7). Acara ini merupakan peringatan hari jadi ASEAN Community yang ke-50. Tim Satria Muda Pertamina sendiri hadir memenuhi undangan dari Kedutaan Amerika Serikat yang juga turut serta dalam acara ini dalam rangka memperingati 40 tahun kerjasama AS dan ASEAN melalui program U.S. Mission to ASEAN.
Parade ini menampilkan berbagai kebudayaan khas seperti baju adat, musik dan tarian khas masing-masing negara anggota ASEAN dan berbagai negara lainnya. Seperti diketahui, selama ini Amerika Serikat memang negara yang sangat kental dengan olahraga bola basketnya. Oleh karena itu tim Satria Muda Pertamina diminta untuk mempromosikan basket di Indonesia melalui parade ini.

“Kami sangat mengapresiasi ada untuk tim basket yang turut ambil bagian dalam parade ini. Ini merupakan sebuah event yang sangat bagus. Bisa melihat tim basket ini menjadi bagian dari kru Amerika di parade ini merupakan simbol yang bagus. Kami sebagai bangsa Amerika Serikat cukup bangga bisa memperkenalkan olahraha basket ke seluruh dunia. Melihat basket di Indonesia juga cukup populer dan punya tim basket sebaik Satria Muda yang bergabung dalam parade ini adalah hal yang sangat menyenangkan,” ungkap Daniel Shields yang merupakan Chargé d’affaires U.S. Mission to ASEAN.

Sementara Vice President PT. Indonesia Sport Venture, Rony Gunawan yang juga hadir dalam parade ini mengatakan undangan ini merupakan sebuah kehormatan bagi tim Satria Muda Pertamina.

“Kami senang sekali bisa ikut mengkampanyekan basket agar semakin populer di Indonesia. Paling tidak tadi sepanjang parade masyarakat sangat antusias. Rata-rata mereka takjub dengan postur kami yang menjulang. Tidak apa-apa tertarik karena postur dulu, semoga nanti masyarakat semakin gemar dengan olahraga basket dan basket bisa jadi olahraga yang masuk ke akar rumput,” kata mantan pemain legendaris Satria Muda Pertamina ini.

Rony juga menambahkan acara ini juga sangat baik untuk merawat keberagaman budaya. Apalagi isu keragaman budaya akhir-akhir ini sedang menghangat.
“Disini kita bisa melihat bahwa keberagaman itu sangat indah, kita jadi bisa belajar menghargai budaya suku atau negara lain,” tutupnya.