Satria Muda Pertamina Tak Mau Anggap Remeh Hangtuah

IMG_9106

Babak semifinal Divisi Merah Indonesian Basketball League akan mempertemukan tim Satria Muda Pertamina dan Hangtuah Sumsel. Pertandingan pertama akan digelar di Hi-Test arena Batam yang sudah dipilih tim Hangtuah sebagai homebase pada 22 Maret mendatang. Selanjutnya giliran Satria Muda Pertamina yang akan menjamu Hangtuah di BritAma Arena pada tanggal 24 Maret. Jika diperlukan, pertandingan ketiga juga akan digelar di tempat yang sama keesokan harinya.

Pelatih Youbel Sondakh tak mau menganggap remeh pertandingan ini. Apalagi Hangtuah secara mengejutkan bisa melaju ke semifinal setelah mengalahkan Garuda Bandung 2-1. Dua pemain asingnya, Keenan Palmore dan Nashon George dinilai Youbel menjadi pemain yang patut diwaspadai.

“Selain punya pemain asing yang bagus, pemain lokal mereka juga sudah bisa memaksimalkan perannya masing-masing. Kita sudah siapkan strategi untuk antisipasi itu. Tapi selain itu kita juga antisipasi secara mental, di semifinal atmosfernya berbeda. Kita tidak boleh meremehkan lawan dan harus bermain all out

Satria Muda Pertamina masih punya waktu kurang lebih satu minggu untuk melakukan persiapan. Ada hal menarik yang membedakan persiapan SM Pertamina dari sebelumnya. Kevin Bridgewaters, pemain asing yang sempat memperkuat SM Pertamina musim ini kembali didatangkan untuk menjadi practice player.

”Kami datangkan dia kembali untuk jadi practice player sebagai persiapan menghadapi semifinal dan final nanti mengingat kami tidak bisa try out keluar, tidak ada lawan juga untuk menggelar latih tanding. Dia pemain berpengalaman, jadi kami bisa bertukar banyak ilmu dengan dia soal basket,” kata Youbel.

Jeda satu bulan sejak seri reguler berakhir hingga semifinal sempat dikhawatirkan bisa menurunkan motivasi para pemain. Namun Youbel mengaku hal ini tidak akan terjadi karena program latihan yang disiapkan jajaran pelatih dirancang dengan intensitas tinggi. Kedatangan Bridgewaters ternyata diakui kapten Arki Wisnu cukup berpengaruh pada intensitas latihan yang dijalani.

Everyone is in a playoff mode. We know we have to work hard to reach the next level and make improvements. The intensity has risen in practice especially with the addition of Bridgewaters as a practice player,” katanya.

Arki sendiri sudah mulai pulih dari cedera bahu yang membuatnya sempat absen di Seri Malang dan siap untuk kembali bermain di semifinal nanti.

I’m still focusing on my therapy while still practicing with the team. I know I got to work twice as hard so I can play my best next week. It’s playoff time, I’m always ready. The season just started in my eyes. This is what separates the men from the boys. This is what we’ve been working hard for all season,” tutup Arki.