Uji Coba SMPertamina Berlanjut Ke Merlion Cup Singapura

Merlion Cup Grid

Usai mengikuti turnamen Internasional di Taiwan, tim Satria Muda Pertamina akan melanjutkan rangkaian uji cobanya ke Singapura. Masih dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi IBL musim 2017/2018, Vamiga Michel dkk. dijadwalkan mengikuti Merlion Cup 2017 tanggal 20-24 September mendatang.
Merlion Cup sendiri merupakan turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh Basketball Association of Singapore (BAS) sejak 2006 lalu dan diikuti oleh tim-tim papan atas dari berbagai negara. Tak heran jika turnamen ini merupakan turnamen yang bergengsi. Tahun ini, 7 tim elite dari Asia dan Australia tercatat mengikuti Merlion Cup. Selain Satria Muda Pertamina, tim peserta lainnya adalah Singapore Slingers (ABL), Jeonju KCC Egis (KBL Korea), Shanghai Sharks (CBA, China), Adelaide 36ers (NBL, Australia), NLEX SCTEX (D-League, Filipina) dan Yulon Luxgen Dinos (SBL, Taiwan). Satria Muda Pertamina sendiri tergabung bersama Shanghai Sharks, Jeonju KCC Egis dan NLEX SCTEX di Grup A.
Shanghai Sharks merupakan tim asal China yang membesarkan pemain legendaris Yao Ming sebelum ia terjun ke NBA. Saat ini Shanghai Sharks juga diperkuat oleh mantan pemain NBA, Jimmer Fredette. Sementara Jeonju KCC Egis adalah tim dengan sejarah paling panjang di Korea. Hingga saat ini mereka sudah 5 kali menjuarai KBL. Tim penghuni Grup A lainnya, NLEX STCTEX adalah peraih 6 kali gelar juara D-League Filipina dan baru saja dipromosikan ke PBA.
Arki Dikania Wisnu dan Christian Ronaldo Sitepu masih belum akan memperkuat tim Satria Muda Pertamina pada turnamen karena masih dalam masa cuti seusai memperkuat tim nasional Indonesia pada SEA Games beberapa waktu lalu. Selain itu tujuan uji coba ini adalah untuk menambah pengalaman para pemain muda. Sementara Avan Seputra masih memperkuat tim nasional 3×3 di ajang Asian Indoor And Martial Arts 2017 di Turkmenistan.
“Ini kesempatan baik untuk mendapatkan pengalaman, harus dicoba karena kita tidak tahu sebelum mencoba melawan mereka,” ungkap pelatih Youbel Sondakh.
Dari turnamen ini juga diharapkan kekuatan fisik, kematangan teknik bermain, dan ketangguhan mental bertanding para pemain muda semakin meningkat seiring dengan banyaknya jam terbang yang diberikan.