Timnas Indonesia Siap Tempur di SEA Games Kuala Lumpur

IMG_20170816_193449-01

Hari Jumat pekan ini tim nasional basket Indonesia dijadwalkan berangkat ke Kuala Lumpur untuk bertanding di ajang olahraga multinasional SEA Games 2017. Satria Muda Pertamina sendiri mengirimkan empat pemainnya untuk membela tim nasional. Mereka adalah Arki Dikania Wisnu, Christian Ronaldo Sitepu, Hardianus dan Kevin Yonas Sitorus.

Sebelumnya, tim nasional telah menjalani pemusatan di Batam, Amerika Serikat dan Lithuania. Di Amerika Serikat, para punggawa timnas lebih banyak berlatih untuk peningkatan skill individual. Sementara di Lithuania, timnas lebih banyak melakukan latih tanding melawan beberapa tim asal Eropa. Dodo mengatakan banyak bekal yang mereka dapatkan dari para pelatih di Lithuania terkait dengan sistem, strategi bermain dan mental bertanding.

“Setelah pulang dari Lithuania kemarin persiapan kami semakin matang, dan sudah maksimal. Jadi apa pun kondisinya saat ini, kami sudah siap tempur di SEA Games nanti,” ungkap Dodo selaku kapten tim nasional Indonesia.

Terkait soal target timnas, Dodo menegaskan bahwa ia dan rekan-rekannya minimal mempertahankan prestasi timnas dua tahun lalu yaitu meraih medali perak. Namun ia menambahkan timnas akan berusaha maksimal untuk meningkatkan prestasi tersebut. Apalagi Dodo merasa rekan-rekannya cukup antusias menyambut SEA Games kali ini. Terlebih karena bagi beberapa pemain, ini merupakan pengalaman pertama mereka membela tim nasional.

“Mereka, khususnya para pemain Satria Muda Pertamina seperti Kevin dan Hardi, sangat excited karena ini pengalaman timnas pertama mereka. Setiap pemain basket profesional kan pasti impian terbesarnya bisa membela Negara, mereka disini pun karena mereka adalah orang-orang terpilih,” tambahnya.

Hardianus sendiri mengaku sempat gugup dengan tekanan yang ada di tim nasional. Tapi dukungan dari teman-teman satu timnya membuat ia semakin termotivasi.

“Ada pressure untuk main bagus dan bawa pulang medali. Tapi saya harus memberikan yang terbaik. Dan ini kan juga olahraga tim, masih ada teman-teman yang akan bantu apapun masalahnya di lapangan nanti,” ujar pemain asal Sangatta ini.

Tim nasional Indonesia berada di pul B bersama Singapura, Kamboja, Vietnam dan Laos. Pul ini bisa dibilang lebih ringan dibanding pul A yang dihuni oleh tim Filipina, Thailand, Malaysia dan Myanmar. Cabang olahraga bola basket akan mulai bertanding pada tanggal 20 hingga 26 Agustus mendatang di MABA Stadium, Kuala Lumpur.
Good luck, Indonesia!