Serius Hadapi Musim Baru, SM Pertamina Ikuti Turnamen Internasional Di Taiwan

poster taiwan web (4)

Tiga bulan menjelang bergulirnya Indonesian Basketball League, tim Satria Muda Pertamina semakin serius mempersiapkan diri. Selain menjalani latihan rutin dan latih tanding, minggu depan tim asuhan Youbel Sondakh ini akan memenuhi undangan Hualian Probation Association Taiwan untuk mengikuti turnamen Hualian City Kwen-Fu Cup 2017, 13-17 September mendatang.

Turnamen ini merupakan turnamen tahunan yang rutin digelar sejak tahun 2003 lalu dan menjadi turnamen pramusim liga basket Taiwan, Super Basketball League (SBL). Turnamen ini diprakarsai oleh Mr. Lin You Zhi, seorang anggota parlemen Kota Hualian, dan didukung oleh pemerintah Hualian City.

Ada delapan tim yang mengikuti turnamen ini dan akan dibagi menjadi dua grup. Satria Muda Pertamina sendiri berada di Grup A bersama Taoyuan Pauian Architecture, Kinmen Liquor Basketball dan satu lagi tim SMAA X CBA All Star, tim asal Amerika Serikat. Taoyan Pauian Architecture dan Kinmen Liquor Basketball adalah tim peserta SBL.

Pauian merupakan salah satu tim kuat di SBL, pernah menjuarai liga basket Taiwan sebanyak 4 kali. Pauian juga pernah menjadi kampiun di Kwen-Fu Cup pada tahun 2015 lalu. Rata-rata pemainnya merupakan mantan pemain dan pemain tim nasional Taiwan saat ini. Sementara tim SMAA X CBA All Star berisikan pemain asal Amerika yang akan bermain di berbagai negara di Asia.

Pelatih kepala Youbel Sondakh menyambut gembira undangan turnamen ini mengingat ada kekosongan kompetisi lokal sebelum liga bergulir. Ia mengatakan tujuan mengikuti turnamen ini adalah untuk memberikan jam terbang lebih banyak kepada para pemain mudanya.

“Turnamen dengan skala Internasional seperti ini bagus buat kami. Apalagi di liga juga sudah pakai pemain asing. Target ikut turnamen ini adalah untuk meningkatkan individual skill pemain kami mulai dari teknik, fisik dan mental. Kalau secara tim, supaya lebih bagus chemistry-nya seiring dengan banyaknya pertandingan yang dijalani,” ujarnya.

Avan Seputra dipastikan tidak akan mengikuti turnamen ini mengingat ia harus memperkuat tim nasional 3×3 Indonesia di ajang Asian Indoor and Martial Arts 2017 di Ashgabat, Turkmenistan tanggal 17-27 September mendatang. Vamiga Michel dkk. dijadwalkan akan berangkat ke Taiwan pada tanggal 11 September 2017.

Usai menjalani turnamen ini, tim Satria Muda Pertamina dijadwalkan akan mengikuti turnamen selanjutnya yaitu Merlion Cup di Singapura pada 20-24 September 2017.

Berikut adalah jadwal pertandingan SM Pertamina di Hualian Kwen-Fu Cup 2017:

13 September 2017 :
SMPertamina vs Taoyuan Pauian Architecture, pukul 18.00 WIB

14 September 2017
SMPertamina vs Kinmen Liquor Basketball, pukul 14.00 WIB

15 September 2017
SMPertamina vs SMAA X CBA All Star, pukul 12.00 WIB