Rebut Gim 2, SM Pertamina Buka Peluang Juara

Kevin egha

Babak final Indonesian basketball League dipastikan digelar tiga pertandingan setelah tim Satria Muda Pertamina sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 atas Pelita Jaya Jakarta. Dalam pertandingan yang digelar Sabtu (6/5) di BritAma Arena kemarin, Arki Wisnu dkk. menang telak 83-63. Sebelumnya di pertandingan pertama, SM Pertamina harus dipaksa kalah 57-63.

Tim asuhan Youbel Sondakh sempat membuat para penonton yang memadati BritAma Arena harap-harap cemas lantaran SM Pertamina tertinggal 11-16 dan 32-39 di paruh pertama pertandingan. Namun mental juara para punggawa SM Pertamina mulai terlihat di kuarter ketiga. Vamiga Michel menjadi motor serangan SM Pertamina untuk berlari 8-0 dan membalikkan keadaan menjadi 40-39 di awal kuarter ketiga. SM Pertamina menutup kuarter ini dengan keunggulan 54-48.

Alih-alih mengejar ketertinggalannya, Pelita Jaya justru semakin kedodoran mengahadapi serangan SM Pertamina yang sangat rapih. Kevin Yonas secara mengejutkan melesakkan tiga tembakan angka di kuarter ini dan membawa SM Pertamina semakin melesat. Pertandingan ditutup dengan skor 83-63.

Tyreek Jewell yang hampir saja membukukan triple double menjadi man of the match dalam pertandingan ini setelah mendulang 16 poin, 9 rebound dan 9 assist. Legiun asing lainnya, Carlos Smith menyumbang 16 poin, 5 rebound dan 6 assit. Sementara dari pemain lokal, duo pemain muda Kevin Yonas dan Juan Laurent tampil sangat baik dengan raihan 14 dan 13 poin.

Kemenangan ini tentunya menjadi momentum kebangkitan Satria Muda Pertamina untuk melanjutkan #RoadToG10ry dalam mengejar gelar kesepuluhnya. Kemenangan ini juga terasa semakin manis setelah kapten Arki Dikania Wisnu dinobatkan sebagai Most Valueable Player. Arki sendiri bermain sangat baik dalam pertandingan tadi malam meski belum pulih 100 persen dari cederanya.

Menurut pelatih Youbel Sondakh, kemenangan timnya hari itu tak lepas dari peran Arki Wisnu yang memimpin kebangkitan timnya di kuarter ketiga.

“Puji Tuhan kami menang hari ini. ini juga berkat Arki yang bisa push teman-temannya untuk bangkit di kuarter tiga. Kami sempat tertinggal memang di kuarter satu dan dua, tapi saya sampaikan ke anak-anak bahwa kita pasti akan menemukan momentum untuk bisa bangkit. Syukur di kuarter tiga kita bisa membalikkan keadaan dan ambil gim kedua ini. Kami sudah siap untuk pertandingan besok, tapi tetap masih harus ada beberapa hal yang dievaluasi’” ungkapnya.

Pertandingan penentuan akan kembali digelar di BritAma Arena hari Minggu (7/5) mulai pukul 19.00 WIB.