Jamarr Johnson Gantikan Kevin Bridgewaters

Jamarr - SMPertamina Official

Jelang bergulirnya seri keempat IBL 2017/2018, tim Satria Muda Pertamina melakukan banyak pembenahan khususnya pada komposisi pemain asing. Sebelumnya, SM Pertamina diperkuat oleh Kevin Kardell Bridgewaters (PG) dan Dior Alexandros Lowhorn (C) hasil dari draft IBL. Selama 3 seri terakhir, penampilan kedua pemain tersebut tidak mengecewakan. Dior selalu jadi monster di bawah ring yang kerap kali menyusahkan pertahanan lawan. Bridgewaters pun berkontribusi cukup baik dengan catatan statistk 15 ppg, 4 rpg dan 4 apg dari 7 pertandingan yang dijalaninya bersama SM Pertamina. Namun catatan tersebut tak lantas membuat manajemen dan jajaran pelatih puas. Dan setelah mempertimbangkan banyak hal, tim SM Pertamina memutuskan untuk mengganti Bridgewaters dengan pemain lain.

“Kami tidak punya masalah dengan Kevin (Bridgewaters). Secara permainan dia bagus, attitudenya juga sangat baik. Tapi kami memang butuh pemain dengan postur yang lebih besar,” kata pelatih Youbel Sondakh.

Untuk itu, SM Pertamina telah menunjuk MVP IBL musim 2016, Jamarr Andre Johnson, untuk menggantikan posisi Bridgewaters dengan status sebagai pemain asing. Mengacu pada Pasal 9 regulasi IBL yang menyebutkan bahwa:

“Komposisi Pemain Asing berdasarkan tinggi badan adalah sebagai berikut”

  1. Satu pemain Internasional dengan Satu pemain Naturalisasi; tidak ada batasan tinggi badan.
  2. Dua pemain Internasional; Satu pemain Internasional tidak memiliki batasan tinggi badan dan Satu Pemain Internasional lainnya memiliki batasan tinggi badan maksimum 188 cm.
  3. Dua Pemain Naturalisasi; tidak ada batasan tinggi badan”

artinya secara legalitas, SM Pertamina berhak menggunakan Jamarr yang merupakan pemain naturalisasi bertinggi badan 196 cm. Pun terkait soal gaji pemain, IBL tidak memiliki batasan gaji untuk pemain naturalisasi karena liga hanya menanggung gaji pemain asing. Gaji pemain naturaliasi akan ditanggung oleh klub.

Jamarr sendiri dipilih bukan tanpa alasan. Selain memiliki postur yang menunjang, Jamarr merupakan pemain serba bisa.

“List pemain impor yang dikeluarkan IBL dengan harga $1000 terbatas. Jadi kami ambil diluar list tersebut, Jamarr juga available. Kami sudah tau permainan dia seperti apa, dia juga sudah lama di Indonesia. Selain itu tentunya dia merupakan all around player, jadi kami akan punya lebih banyak variasi permainan dengan hadirnya Jamarr,” tambah Youbel.

Jamarr akan memperkuat SM Pertamina untuk sisa musim 2017/2018 ini. Ia pun merasa senang bisa membela tim yang dulu pernah menjadi rivalnya. Meski sempat absen semusim di liga Basket Indonesia, tapi tak membuatnya kehilangan rasa percaya diri.

“Senang rasanya bisa kembali dan bermain di Indonesia. SM selalu menjadi tim tangguh disini, setidaknya itu yang saya rasakan saat melawan SM dulu. Jadi senang sekarang bisa jadi bagian dari tim ini. Saya juga tidak merasa tertekan. Saya mempersiapkan diri dengan baik. Saya berlatih keras di Amerika dan Thailand untuk mengembalikan permainan dan rasa percaya diri saya. Saat ini saya merasa lebih baik dari sebelumnya,”

Ia juga siap membantu SM Pertamina untuk merebut kembali gelar juara musim ini.

“Saya ingin mengingkatkan performa saya di lapangan, dan tentu saja membawa tim ini juara.” tutupnya.

Selamat datang, Jamarr!


Tentang Jamarr:

Nama Lengkap                   : Jamarr Andre Johnson

Tempat, Tanggal Lahir    : New Jersey, 20 Juni 1988

Nomor Jersey                    : 71

Tinggi/Berat                      : 196 cm / 96 kg

Posisi                                  : SG