Ingin Basket Di Depok Lebih Baik, Audy Bagastyo Bangun Komunitas

IMG-20170804-WA0001

Selain menjalani latihan rutin bersama tim Satria Muda Pertamina, point guard Audy Bagastyo sedang disibukkan dengan kegiatan barunya. Bersama beberapa pebasket nasional lainnya, pemain yang akrab disapa Egha ini membentuk komunitas basket di Kota Depok, DNBC (Depok Nation Basketball Community).

Berangkat dari keprihatinannya atas sarana dan prasarana basket yang minim di Kota Depok, komunitas ini dibentuk pada 20 Juni 2017 lalu. Harapannya adalah untuk mewadahi para penikmat olahraga basket di Depok agar bisa menyalurkan hobi, aspirasi dan segala uneg-uneg mereka terkait basket di kota tersebut.

“Saya dan teman-teman, sebagai orang Depok yang bermain di liga professional, kami merasa prihatin dengan basket di kota ini. Kami bahkan tidak pernah mempunyai pengalaman bermain untuk tim Depok, (karir basket) kami besar dan berkembang ya diluar Depok, di Jakarta,” tuturnya.

Sebagai pemain yang punya pengalaman di liga profesional, Egha dan kawan-kawannya membagi ilmu dan pengalaman mereka di setiap akhir pekan. Pemain kelahiran 20 Agustus 1993 ini berharap nantinya akan terlahir pebasket-pebasket baru dari Kota Depok yang bisa berkarir di liga profesional.

Dengan mengusung misi #untukbasketDepokyanglebihbaik, tujuan akhir komunitas ini tidak hanya sebatas untuk mendirikan GOR Basket di Kota Depok seperti yang selama ini digaungkan. tapi lebih dari itu, prestasi basket Kota Depok juga bisa terus meningkat.

Komunitas ini sendiri langsung mendapat atensi luar biasa dari warga Depok. Rata-rata 70-80 orang datang untuk mengikuti coaching clinic yang diberikan Egha dkk. DNBC memang membebaskan siapa saja untuk bergabung dengan komunitas ini tanpa terikat aturan ini itu, berbeda dengan klub basket.

Jika Winston Churchill pernah mengatakan “we make a living by what we get, but we make a life by what we give”, barangkali ini menjadi pengamalan kata-kata tersebut. Bagi Egha ini merupakan bagian dari bentuk “giving back” darinya untuk olahraga basket.