Cerita Para Punggawa SMPertamina Yang Harus Tetap Latihan Saat Berpuasa

LRM_EXPORT_20170608_105948

Meski sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini, skuat tim Satria Muda Pertamina tetap menjalani latihan rutin. Sempat diliburkan beberapa saat setelah IBL musim 2017 usai, tim Satria Muda Pertamina kembali menjalani latihan rutin sejak tanggal 29 Mei 2017 lalu. Beberapa pemain yang beragama Islam seperti Rizal Falconi, Audy Bagastyo, Sandy Ibrahim, Gunawan dan Dhiya’ul Haq terlihat tetap bersemangat menjalani latihan meski harus menahan lapar dan dahaga.

Diakui Egha (sapaan akrab Audy Bagastyo) dan Rizal, menahan haus jadi tantangan terberat mereka saat berlatih. Terlebih standar dan porsi latihan yang diberikan oleh jajaran pelatih tetap tinggi. Namun mereka enggan mengeluh.

“Buat Egha sebenarnya (latihan sambil puasa) itu nggak berat-berat amat. Apalagi sambil nunggu Adzan malah kadang jadi nggak terasa. Yang penting justru jangan berpikir kalau kita sedang puasa, fokus saja sama latihan yang dijalani. Dan untungnya, meskipun porsi dan standar latihan tidak turun tapi pelatih sangat mengerti dengan kondisi kami yang sedang puasa” ungkap Egha yang merasa latihan fundamental lebih menguras tenaga dibanding latihan scrimmage game.

Sementara pengalaman berbeda dirasakan Small Forward Vamiga Michel di bulan puasa tahun ini. Miga saat ini sedang mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia di Batam untuk SEA Games 2017. Ia mengatakan latihan yang dijalani lebih berat dari yang ia dapatkan di tim Satria Muda Pertamina. Meski begitu Miga justru bersyukur bisa mendapatkan pengalaman ini.

“Saya justru bersyukur bisa diberi kepercayaan untuk ikut seleksi, dan itu saya jadikan motivasi supaya lupa dengan beratnya puasa yang harus dijalani. Dibawa happy saja menjalaninya, apalagi ini bulan penuh berkah. Siapa tahu semua kegiatan yang dijalani bisa jadi berkah dan pahala,” kata pemain yang sudah 3 kali masuk dalam seleksi pelatnas ini.

Egha, Rizal dan Miga punya cara masing-masing untuk menyiasati kelelahan saat menjalani latihan di bulan puasa. Mengatur pola makan dan menambah asupan gizi menjadi pilihan Miga dan Rizal. Karena sebagai seorang atlet, penting bagi mereka untuk menjaga berat badan agar tetap stabil meski sedang berpuasa. tak kalah penting bagi mereka untuk mengembalikan cairan yang hilang dengan memperbanyak minum air mineral.

Sementara Egha punya cara unik agar tidak cepat merasa lelah saat menjalani latihan.

“Yang penting mindsetnya itu tadi. Dan Egha dari dulu menghindari capek dengan terus bergerak, jangan break. Kalau berhenti gerak malah semakin berasa capeknya haha” tutupnya.

Bagaimana, Fanatics? Kamu masih mau megeluh menjalani puasa kali ini? Yuk jangan mau kalah dengan para pemain Satria Muda Pertamina ini! ☺