Bermain Tanpa Beban, SMPertamina Tundukkan Tim Filipina

Merlion Cup 2017_22_Sept_Jason Ng-26

Tim Satria Muda Pertamina akhirnya memetik kemenangan di turnamen Merlion Cup 2017. Tim asal Filipina, NLEX SCTEX sukses ditundukkan dengan skor akhir 104-90. Dalam pertandingan yang digelar di OCBC Arena Singapura (22/9) ini, duo pemain asing menyumbangkan kontribusi terbesar. Gary Jacobs Jr menjadi pendulang angka paling banyak bagi tim Satria Muda Pertamina dengan 33 poin. Legiun asing lainnya, Shawn Taggart mencetak double-double dengan 29 poin dan 10 rebound. Sementara di barisan pemain lokal Kevin Yonas tampil cukup baik dengan menyumbang 12 poin dalam pertandingan ini.

Sejak awal pertandingan, tim Satria Muda Pertamina memang sudah mendominasi jalannya pertandingan. Di kuarter pertama, Audy Bagastyo dkk. memang hanya unggul tipis 27-24. Tapi kemudian tim asuhan Youbel Sondakh ini tancap gas di kuarter dua. Babak pertama berhasil ditutup dengan keunggulan  58-44.

Meski sudah memimpin tapi tim Satria Muda Pertamina enggan mengedurkan serangannya. Melalui kerjasama apik para pemain lokal dan impor, kuarter ketiga berhasil disudahi dengan skor 81-67. NLEX SCTEX sempat memberikan perlawanan di kuarter terakhir. Namun tim Satria Muda Pertamina berhasil mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir.

Gary Jacobs yang menjadi man of the match dalam pertandingan ini menyatakan timnya hari ini bermain jauh lebih baik dibanding dua pertandingan sebelumnya.

“The team came out strong. We had a lot more energy today and we played a lot better together. The chemistry looked a lot better. We had a great showing. I think in the second half we let down a little bit but in the fourth quarter we tend to pick it up. We still have things to work on as a team but we’re gonna take a day off  and just get ready for Sunday and try to place,” ujar pemain peraih IBL MVP Import Player ini.

Hal ini juga diamini pelatih Youbel Sondakh yang mengungkapkan kemenangan ini tak lepas dari kontribusi para pemain lokalnya yang tampil tanpa beban.

“Berbeda dengan dua game sebelumnya, para pemain lokal hari ini tampil lebih lepas. Dan kita juga sedang fokus untuk mengejar peringkat 5,” katanya.

Tim Satria Muda Pertamina memang sudah dipastikan tidak lolos ke semifinal setelah kalah dari Shanghai Sharks dan Jeonju KCC Egis sebelumnya.

Selanjutnya, tim Satria Muda Pertamina akan berhadapan dengan tim peringkat 3 grup B, Yulon Luxgen Dinos, tim asal Taiwan yang bermain di Super Basketball League. Pertandingan perebutan peringkat 5 ini akan digelar pada hari Minggu (24/9) nanti pukul 12.00 WIB.