Banyak PR Menanti SM Pertamina Usai Seri Solo

8281D7E4-A8E9-4D75-9024-6AA28A395E6E

Satria Muda Pertamina pulang dengan hasil kurang memuaskan dari Kota Solo. Pada seri ketiga IBL 2017/1028 ini, SM Pertamina menelan satu kekalahan dari Pelita Jaya dan mendapatkan satu kemenangan dari Pacific Caesar. SM ditekuk 73-81 dari PJ dan membungkam Pacific dengan skor 71-59 keesokan harinya. Hasil ini memang tak membuat posisi SM Pertamina di puncak klasemen divisi merah goyah. Namun hal ini cukup membuat tim asuhan Youbel Sondakh perlu melakukan evaluasi mendalam.
Pasalnya, statistik permainan saat melawan Pelita Jaya menunjukkan SM Pertamina tak lebih unggul di hampir semua lini. Khususnya akurasi field goals dimana akurasi SMPertamina beada di angka 37% (24/64), sementara PJ dengan 49% (29/54). SM Pertamina juga punya masalah di tembakan free throw. Arki Wisnu dkk sebetulnya punya banyak kesempatan untuk menyamakan kedudukan atau bahkan membalikkan keadaan melalui tembakan bebas. Dari 38 kali kesempatan, SM Pertamina hanya berhasil memasukkan 20 tembakan saja.
“Tembakan tiga angka kita tadi jelek sekali, begitu juga dengan tembakan bebas. Mungkin sudah lama juga kita tidak main di Solo. Walaupun ini tidak bisa dijadikan alasan,” ungkap kapten tim Arki Wisnu.
Di pertandingan selanjutnya, SM Pertamina berhasil bangkit dan mengalahkan Pacific Caesar. Meski sempat dibuat repot oleh pemain asing Pacific, David Seagers. Di kuarter kedua bahkan Pacific unggul 54-51 sebelum turun minum. Tapi SM Pertamina berhasil menyudahi perlawanan Pacific Caesar dan membalikkan keadaan di sisa pertandingan. Kemenangan ini tak lepas dari penampilan apik Dior Lowhorn yang mencetak 33 poin dan 18 rebound.
Youbel mengungkapkan, usai Seri Solo ini tentu banyak hal yang masih perlu dievaluasi selagi masih cukup waktu sebelum memasuki babak playoff nanti.
“Banyak pelajaran dari dua pertandingan di Solo ini. Perlu semua pemain untuk siap jadi juara musim ini,” katanya singkat.
“Seri (Solo) ini bagus buat kami, kami jadi tahu dimana posisi kami saat ini dan apa saja yang perlu ditingkatkan lagi. Tapi saya senang bisa bermain kembali di Solo. Saya sudah merindukan bermain disini, atmosfer disini sangat bagus. Terima kasih untuk fans yang sudah datang mendukung,” tambah Arki.
Usai menjalani libur Natal dan Tahun Baru, SM Pertamina akan kembali berlatih untuk mempersiapkan diri menghadapi Seri Jakarta yang akan bergulir 4-6 Januari mendatang. Salah satu yang lawan yang akan dihadapi adalah rival sekota, Stapac Jakarta.